bandoro's home

to infinity and beyond

Statement Of Financial Position And Statement Of Cash Flows

leave a comment »


Fine, sekian lama tidak membuka wordpress, tidak membuka blog, tidak membuka tulisan2ku..wkwk, cukup kangen juga dengan semua hal yang terjadi. Haha. Sebenarnya judul blog ini diganti, dari “kuliahbandoro.wordpress.com” menjadi “tulisanberbicara.wordpress.com”..haha. y mungkin dengan tulisan bisa mengatakan sesuatu yg tak terkatakan.halah.

                Hari ini adalah 1 April, yak, target semula Maret sudah mendapat pekerjaan ternyata sampai detik ini belum juga mendapat satu yang “pas”, g tahu apa maksud Tuhan semua ini.. yang saya tahu Tuhan kasih hal yg luar biasa pada akhirnya. Tema bulan april adalah “1 day 1 chapter”..haha. akan kita teriakkan bersama onedayonechapter. Hehe. Itu target semula dan harus tercapai selama bulan ini. Akan tetapi film Toy Story mengatakan “to reach and overstep” wkwk, walaupun bahasanya bukan itu tapi maksudnya sama, tercapai dan melampauinya. Hehe. Okay, saat ini saya akan mulai membahasa chapter 5, berkaitan dengan

Statement Of Financial Position And Statement Of Cash Flows

Ada 9 tujuan mengenai chapter ini, saya akan mengutarakan apa yang sudah saya dapat dari masing masing tujuan. Tujuan yang pertama adalah kita dapat menjelaskan kegunaan dan keterbatasan dari sebuah laporan keuangan. Laporan keuangan, hmm, secara gamblang kita dapat memperoleh banyak informasi dari sana, mulai dari asetnya, liabilitesnya, modalnya dalam kurun waktu yang spesifik. Kreditor juga bisa melihat kondisi perusahaan dalam laporan keuangan, bisa juga untuk  memprediksi nilai, waktu dan ketidakpastian dalam cashflow. Secara garis besar seperti ini:

Kegunaan:

  1. Menghitung rates of return/ tingkat pengembalian
  2. Mengevaluasi struktur modal
  3. Menganalisis resiko dan arus kas masa depan
  4. Melakukan analisis2 perusahaan (likuid, solvabel, financial flexibility

Keterbatasan

  1. Yak, keterbatasan yang mungkin saat ini masih dalam  tahap pembenahan, yaitu aset dan utangnya tu masih dilaporkan sebesar historical cost, Artinya, Tingkat relevansi dari aset dan liabilitynya agak kurang
  2. Penggunaan judgments dan estimate, hmm, belum paham juga ni maksud dari statement ini
  3. Beberapa item financial value dihilangkan, belum paham juga ni maksudnya, hehe. Mungkin teman2 pembaca bisa sharing dengan saya.wkwk

Okay, sekarang kita menginjak tujuan kedua, diharapkan kita bisa mengidaentifikasi klasifikasi utama dalam laporan keuangan. Elementnya masih sama ya, aset, liability dan equity, Cuma bedanya buku yang saya baca (kieso, ifrs edition) itu memposisikan non-current asset sebagai akun atas, bertukar tempat dengan current assets. Mungkin inilah yang merupakan dampak diterapkannya IFRS, lebih mengutamakan relevansi. “IAS no1 requires companies to distinguish current assets and liabilities from non-current ones, except in limited situations.” Penekanannya adalah from non-current assets ones.hehe. kapan2 saya uploadkan contoh format financial statement menggunakan “from noncurrentassetsones.hehe.

Non current assets biasanya terdiri dari

  • Long-term Investments

Terdiri dari securities, Tangible asset, special fund (sinking fund, pension, dll), non consolidated subsidiaries.

  • Property, Plant, and Equipment

Terdiri dari tanah, bangunan, mesin, furniture, dll

  • Intangibles Assets

Terdiri dari “lack physical substance” tak berwujud, bukan instrumen keuangan, like patent, amortisasi

  • Other Assets

Semacam Long-term prepaid expenses, Non-current receivables, Assets in special funds, Property held for sale, Restricted cash or securities

Setelah noncurrentassets, berinjak di current asset, masi hsama dengan biasanya, akan tetapi dibalik

  1. Inventories

Penilaian menggunakan LOCOM, metode perhitungan persediaan Cuma FIFO dan Average cost

  1. Receivables

Sangat jelas, piutang dagang/usaha lah

  1. Prepaid expenses

Payment of cash, that is recorded as an asset because  service or benefit will be received in the future. Belum menikmati tapi udah mbyar, itulah prepaid, like insurance suppleis, advertising, dll

  1. Short term investments
  2. Cash and equivalent

Equity

Seperti biasa, masih dalam tahap sama dengan yang ku pelajari waktu kuliah. Hehe.

  • Ordinary shares and preference shares –dinilai berdasar par value dan the authorized, issued, and outstanding amounts.
  • Share premium – company usually presents one amount for ordinary and preference shares.
  • Retained earnings – amount may be divided between the unappropriated and restricted amounts.
  • Treasury shares – shown as a reduction of equity.

Non current liabilites

Meliputi utang jangka panjang, utang pajak, provisi, dll

Current liabilities

Utang jangka pendek, ya utang jangka pendek, kurang dari 1 tahun gitu..hehe.

Dan, susunan terbaru #menurut saya, hehe, financial statement seperti berikut ini

  1. Non current assets
  2. Current assets
  3. Equity
  4. Non current liabilities
  5. Current liabilities

Cash flow

Tujuan kita mempelajari bab ini adalah mengetahui purpose dari cashflow.hehe. ya, paling tidak ketika kita membuat laporan arus kas kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

  1. Dimana kas-kas yang ada itu berasal
  2. Digunakan untuk apa saja kas-kas itu
  3. Akun-akun apa saja yang berubah di neraca, pertanyaan ini jujur kurang begitu paham juga.haha

Kemudian kontent-kontent apa saja yang ada dalam cashflow?

  1. Untuk aktivitas operasi

Kas inflow dan outlfow dari aktivitas operasi

  1. Untuk aktivitas investasi

Kas inflow dan outflow dari aktivitas non-current assets

  1.  Untuk aktivitas pendanaan

Kas inflow dan outflow dari non-current liabilities dan equity

Written by bandoro

3 April 2012 at 6:34 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: