bandoro's home

to infinity and beyond

Prosedur prosedur yang digunakan untuk menilai kinerja manajemen…

leave a comment »


Prosedur-prosedur yang digunakan untuk menilai kinerja manajemen:

a. Ekonomis.
• Memahami program yang dirancang rumah sakit pada tahun berjalan.
• Melihat anggaran yang dianggarkan untuk melaksanakan program-program yang direncanakan
• Memahami sistem pengadaan barang dan jasa pada rumah sakit.
• Melihat sistem yang diterapkan sudah sesuai prosedur yang ditetapkan atau tidak.
• Melihat apakah dalam menentukan pemasok barang dan jasa apakah ada lelang atau tidak.
• Melihat daftar pemasok barang dan jasa yang ada di rumah sakit.
• Menganalisa daftar harga yang terkait dengan barang dan jasa yang ada.
• Membandingkan barang dan jasa yang ada dengan barang dan jasa yang sama yang digunakan rumah sakit pesaing.

b. Efisien.
• Melihat daftar pegawai/karyawan yang dimiliki rumah sakit.
• Menilai apakah jumlah karyawan yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan rumah sakit dalam melakukan kegiatan operasionalnya.
• Menilai penggunaan sumberdaya yang ada misal air dan listrik sesuai dengan tingkat kebutuhan atau tidak.

c. Efektif
• Menilai apakah semua tujuan yang direncanakan rumah sakit sudah tercapai dengan diadakannya program-program yang dirancang.
• Menilai tingkat keberhasilan dari program yang dirancang
• Melihat pembagian tugas yang diadakan sesuai dengan keahlian yang dimiliki karyawan rumah sakit
• Melakukan wawancara dengan pegawai rumah sakit.
• Menilai ketepatan pembagian tugas karyawan rumah sakit.
• Melakukan wawancara dengan beberapa pasien atau konsumen rumah sakit.
• Menilai apakah pelayanan yang diberikan sudah maksimal atau belum dengan sumberdaya yang ada dalam rumah sakit.

Kemungkinan hasil temuan yang akan diperoleh.

 Pencapaian program yang dirancang tidak sesuai dengan yang diinginkan.
 Penentuan pemasok barang dan jasa yang salah.
 Penentuan tarif rawat inap yang salah dikarenakan ketidakpahaman karyawan mengenai keadministrasian.
 Kurang primanya pelayanan yang diberikan.
 Biaya pengadaan barang dan jasa yang terlalu besar.
 Kurangnya tenaga ahli yang dimiliki rumah sakit.
 Salahnya pengadaan barang dan jasa yang kurang dibutuhkannya dalam rumah sakit.
 Kurangnya pelatihan-pelatihan yang diadakan guna meningkatkan kualitas karyawan rumah sakit.

Rekomendasi

 Melakukan evaluasi terhadap evaluasi terhadap program-program yang dilaksanakan dan memperbaikinya guna perancangan program yang lebih baik.
 Melakukan proses lelang untuk pengadaan barang dan jasa guna memperoleh pemasok dan harga yang tepat.
 Menugaskan karyawan yang ahli dalam bidang penentuan tarif inap dan tarif-tarif lain sehingga pendapatan rumah sakit lebih tepat.
 Perbaikan terhadap pelayanan yang diberikan terhadap konsumen perlu dilakukan.
 Dalam proses pengadaan barang dan jasa membandingkan dengan pesaing dlam arti agar biaya operasional bisa bersaing dengan pesaing..
 Menambah tenaga-tenaga ahli baik untuk medis maupun administrasi.
 Memperhitungkan barang dan jasa apa yang sesuai dengan kebutuhan rumah sakit.
 Memberikan pelatihan-pelatihan terhadap karyawan sehingga dapat meningkatkan kualitas karyawan sehingga lebih baik dalam memberikan pelayanan.
 Dalam kegiatan operasional diberika reward bagi karyawan yang dinilai memiliki kinerja baik dan hukuman bagi karyawan yang tidak menaati peraturan perusahaan, sehingga dapat memotivasi karyawan untuk bekerja dengan baik.
.

Surakarta 03 Juli 2010

No : 007/KAP/IV/2009
Lampiran : 3 eksemplar
Perihal : Laporan Hasil Audit Manajemen

Kepada
Yth, Direktur RSUD. Dr. Sentosa

Kami telah melakukan audit atas kinerja manajemen pada RSUD. Dr. Sentosa untuk periode 2007/2008. Audit kami tidak dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan perusahaan dan oleh karenanya kami tidak memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan. Audit kami hanya untuk menilai kinerja dari manajemen perusahaan dalam periode tersebut. Audit ini dimaksudkan untuk menilai ekonomisasi (kehematan), efisien (daya guna), dan keefektivitas (hasil guna). Kinerja Manajemen yang dilakukan dan memberikan saran perbaikan atas kelemahan pelayanan yang ditemukan selama proses audit, sehingga diharapkan dimasa yang akan datang dapat dicapai perbaikan atas kekurangan tersebut dan perusahaan dapat beroperasi dengan lebih ekonomis, efisien, efektif dalam mencapai tujuannya.
Hasil audit kami sajikan dalam bentuk laporan audit yang meliputi:
Bab I : Informasi Latar Belakang
Bab II : Kesimpulan Audit yang Didukung dengan Temuan Audit
Bab III : Rekomendasi
Bab IV : Ruang Lingkup Audit
Dalam melaksanakan kami telah memperoleh banyak bantuan, dukungan, dan kerja sama dari berbagai pihak baik jajaran direksi maupun staf ang berhubungan dengan pelaksanaan proses audit ini. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan baik ini.

Kantor Akuntan Publik
BANDORO PM dan Rekan

BANDORO PURNADI MARSUM, SE, Ak

BAB I
Informasi Latar Belakang

RSUD. Dr. Sentosa (selanjutnya disebut “Perusahaan”) berlokasi di provinsi Sejahtera. Rumah Sakit Dr. Sentosa Provinsi Sejahtera merupakan rumah sakit kelas A dengan 704 tempat tidur dan sekaligus sebagai sebagai. rumah sakit rujukan untuk wilayah Eks Karesidenan Sejahtera (Provinsi Sejahtera bagian Timur-Selatan) dan Sejahtera Timur bagian barat.
Rumah Sakit Dr. Sentosa Provinsi Sejahtera adalah rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Provinsi Sejahtera yang terletak di Kota Sejahtera, Berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI 9 Juli 1954 No.44751/R/S dan melalui SK Gubernur Provinsi Sejahtera No. 445/29684 tanggal 24 Oktober 1988 ditetapkan nama Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Sentosa (RSDS). Rumah Sakit ini menyediakan berbagai jenis pelayanan medis spesialistik dan sub spesialistik, menyelenggarakan kegiatan pendidikan serta penelitian.
Sejak tahun 1981 RSDS digunakan sebagai Rumah Sakit Pendidikan (teaching hospital) bagi calon Dokter dan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran Universitas Intelektia Provinsi Sejahtera dan mahasiswa kesehatan lainnya.
Jumlah ketenagaan yang dimiliki RSDS adalah sekitar 1.391 orang yang terdiri dari tenaga medis, tenaga keperawatan, tenaga farmasi, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga gizi, tenaga terapi fisik, tenaga keteknisan medis dan tenaga non kesehatan lainnya.
Dengan terbitnya UU No.1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara (PBN) dan PP Nomor: 23 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU), RSUD. Dr. Sentosa mengusulkan untuk dapat menjadi Rumah Sakit Pemerintah pengguna PPK-BLU dan Pada tahun 2009 berdasarkan kebijakan Pemerintah Propinsi Provinsi Sejahtera, RSUD.Dr. Sentosa Provinsi Sejahtera ditetapkan statusnya sebagai rumah sakit pemerintah pengguna PPK-BLU. Penerapan BLUD akan membuat RSUD.Dr Sentosa lebih responsif dan agresif dalam menghadapi tuntutan masyarakat dan eskalasi perubahan yang begitu cepat dengan cara melaksanakan prinsip-prinsip ekonomi yang efektif dan efisien, namun tidak meninggalkan jati dirinya dalam mengemban misi sosial dalam memenuhi kebutuhan masyarakat .
Untuk menyelenggarakan tugas pokok RSUD. Dr.Sentosa mempunyai fungsi:
a. perumusan kebijakan teknis di bidang Pelayanan kesehatan;
b. pelayanan penunjang dalam penyelenggaraan pemerintah daerah di bidang Pelayanan Kesehatan.
c. penyususan rencana dan program, monitoring, evaluasi dan pelaporan di bidang Pelyanan Kesehatan;
d. pelayanan Medis;
e. pelayanan Penunjang Medis dan Non Medis;
f. pelayanan Keperawatan,
g. pelayanan Rujukan,
h. pelaksanaan Penelitian dan Pelatihan,
i. pelaksanaan penelitian dan pengembangan serta pengabdian masyarakat,
j. pengelolaan keuangan dan akuntansi,
k. pengelolaan urusan kepegawaian, hukum, hubungan masyarakat, organisasi dan tatalaksana, serta rumah tangga, perlengkapan dan umum.

Susunan Direksi dan Dewan Pengawas:

Direktur : Dr. Maryoto, MARS
(No.821.2/226 /2008 tertanggal 13 Juni 2008)

Wakil Direktur Pelayanan : Dr. Widodo, M.Kes
(No.821.2/228 /2008 tertanggal 13 Juni 2008)

Wakil Direktur Keuangan : Dra. Endang Napitulu, MM
(No.821.2/227 /2008 tertanggal 13 Juni 2008)

Wakil Direktur Umum : Dr. Sumartadi, Sp.PD
(No.821.2/228 /2008 tertanggal 13 Juni 2008)

Sedangkan tujuan dilaksanakannya proses audit adalah untuk :
1. Menilai ekonomisasi, efisiensi, dan efektivitas Kinerja Manajemen Perusahaan.
2. Memberikan berbagai saran perbaikan atas kelemahan yang ditemukan sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan perusahaan.

Bab II
Kesimpulan Audit

Berdasarkan temuan (bukti) yang kami peroleh selama proses audit yang kami lakukan , kami dapat menyimpulkan sebagai berikut:

1. Tidak adanya standar khusus dalam penetuan tarif rawat inap.
2. Karyawan di perusahaan yang ditempatkan dalam penentuan tarif rawat inap kurang paham dengan keadministrasian sehingga dalam penentuan tarif rawat inap kemungkinan besar salah yang mengakibatkan salahnya pendapatan yang diterima oleh perusahaan.
3. Biaya operasional perusahaan lebih besar jika dibandingkan dengan biaya operasional pesaing sehingga perusahaan kurang dapat bersaing dengan perusahaan pesaing.
4. Kurangnya komitmen karyawan perusahaan atas perusahaan sehingga kurang optimalnya kinerja karyawan.
5. Kurangnya pelatihan-pelatihan yang diadakan perusahaan sehingga tidak bertambahnya pengetahuan karyawan.
6. Kurangnya tenaga ahli yang dimiliki perusahaan.

Kriteria:
1. Terdapat standar yang mengatur tentang tarif rawat inap.
2. Adanya tenaga yang ahli dalam bidang administrasi sehingga dalam penentuan tarif rawat inap sesuai dengan yang seharusnya.
3. Biaya operasional yang kompetitif dengan perusahaan pesaing.
4. Terdapat komitmen karyawan pada perusahaan.
5. Adanya pelatihan-pelatihan.
6. Banyakya tenaga ahli yang dimiliki.

Penyebab:
1. Belum ada pedoman baku secara tertulis yang dimilki perusahaan, dalam prosedur dan sistem akuntansi yang digunakan saat ini.

Written by bandoro

28 June 2011 at 6:24 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: