bandoro's home

to infinity and beyond

Matching Principle

leave a comment »


Apa itu matching principle? Match, tepat. Hehe. Inti dari matching principle adalah prinsip yang menandingkan pendapatan dan biaya sebuah perusahaan. Biaya yang terjadi dengan pendapatan yang muncul sebagai akibat dari adanya biaya tersebut. Adanya prinsip matchin principle yaitu:
a. Adanya laporan laba rugi
Laporan laba rugi merupakan langkah kongkret dari penerapan matching principle. Ditandai dengan adanya akun pendapatan dipertemukan dengan beban selama satu bulan dalam laporan laba rugi. Laporan laba rugi merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan, dari laba yang dihasilkan (selisih antara pendapatan dan biaya).
b. Adanya jurnal adjustment (jurnal penyesuaian)
Jurnal penyesuaian, menyesuaikan antara pendapatan dan biaya dalam satu periode yang sama.
Matching principle dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
a. Direct matching
Direct, secara langsung, berarti menandingkan antara pendapatan dan biaya secara langsung. Langsung ini berarti langsung melekat, halah, contohnya saja dalam industri mebel, penjualan, akan ditandingkan dengan biaya packing produk. Semakin tinggi penjualan semakin tinggi pula packing produk tersebut.
b. Indirect matching
Indirect, secara tidak langsung, berarti menandingkan antara pendapatan dan biaya secara tidak langsung. Contoh untuk memudahkan konsep ini yaitu biaya gaji. Biaya gaji naik, belum tentu penjualan naik.
c. Matching selama masa manfaat telah kadaluarsa
Kurang begitu paham mengenai tipe matching yang terakhir ini. Dibuku cuma menjelaskan mengenai biaya riset dan pengembangan(research and development). Biaya tersebut akan terjadi sebelum adanya penjualan. Terus piye maksude g tau.hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: