bandoro's home

to infinity and beyond

INFORMATION SYSTEM FOR COMPETITIVE ADVANTAGE

leave a comment »


Perusahaan Dan Lingkungannya
1. Model sistem umum perusahaan
• Aliran sumber daya fisik: meliputi pegawai, bahan baku, mesin, dan uang
• Aliran sumber daya virtual : data, informasi&informasi dalam bentuk keputusan
• Pengendalian perusahaan
Elemen yang digunakan perusahaan untuk mengendalikan perusahaan meliputi:
a. Standar kinerja perusahaan
b. Manajemen perusahaan
c. Prosesor informasi yang mengubah data menjadi informasi
• Lingkaran umpan balik (feedback loop)
Feedback loop terdiri dari sumber daya virtual. Data terkumpul dari perusahaan kemudian data dimasukkan dalam pemroses informasi dan data tersebut dirubah menjadi informasi
2. Perusahaan dan lingkungannya
Model sistem umum perusahaan mempermudah untuk melihat betapa pentingnya lingkungan bagi kesuksesan sebuah perusahaan.
3. Aliran Sumber daya Lingkungan (Environmental resources flow)
Perusahaan tersambung dengan unsur-unsur lingkungannya melalui diagram sumber lingkungan.

Mengelola Aliran Sumber Daya Fisik-Supply Chain Management
1. Sistem elektronik
Kemampuan untuk melacak aliran sumber daya seiring dengan terjadinya, akan memberikan kontribusi pada manajemen rantai asokan.
2. Supply chain management dan perencanaan sumber daya usaha
Penggunaan sistem ERP dari vendor yang sama oleh para anggota didalam rantai pasokan akan membantu memfasilitasi aliran informasi pasokan.

Keunggulan Kompetitif
1. Rantai nilai porter (Porter’s value chains)
Perusahaan meraih keunggulan kompetitif dengan menciptakan suatu rantai nilai (value chain) yang terdiri atas aktivitas-aktivitas utama dan pendukung yang memberikan kontribusi kepada margin.
2. Dimensi keunggulan kompetitif (The dimensions of competitve advantage)
Keunggulan kompetitif dapat direalisasikan dalam hal mendapatkan keunggulan strategis, taktis, maupun operasional
• Keunggulan strategis: Memiliki dampak fundamental dalam membentuk operasi perusahaan. Sistem informasi dapat menciptakan keunggulan strategis.
• Keunggulan taktis
Sebuah perusahaan mendapatkan keunggulan taktis ketika perusahaan tersebut mengimplementasikan strategi dengan cara yang lebih baik dari para pesaingnya
• Keunggulan Operasional
Keunggulan yang berhubungan dengan transaksi dan proses sehari-hari. Disinilah sistem informasi akan berinteraksi secara langsung dengan proses

Tantangan Kompetitior Global-(MNC-Multinational corporation)
Perusahaan multinasional adalah sebuah perusahaan yang beroperasi lintas produk, pasar, negara, dan budaya. Perusahaan multinasional terdiri atas perusahaan induk dan sekelompok anak perusahaan.
1. Kebutuhan khusus untuk pemrosesan informasi di perusahaan multinasional (MNC)
MNC adalah sebuah sistem terbuka yang berusaha untuk meminimalkan ketidakpastian yang terdapat dalam lingkungannya.
2. Kebutuhan khusus untuk koordinasi di MNC
Perusahaan tidak mampu mengkoordinasi secara global, tidak akan dapat meraih kesuksesan dalam perekonomian internasional
3. Keuntungan dari koordinasi
• Fleksibilitas dalam merespons pesaing di berbagai negara dan pasar
• Kemampuan untuk merespons perubahan
• Kemampuan untuk melayani kebutuhan
• Kemampuan untuk berbagi pengetahuan antar unit di berbagai negara
• Mengurangi biaya operasional
• Peningkatan efisiensi dan efektivitas
• Kemampuan untuk meraih dan mempertahankan keragaman produk perusahaan.
Tantangan Pengembangan Sistem Informasi Global (GIS-global Information system)
1. Kendala-kendala politis
Kebijakan politik suatu negara menjadikan tantangan bagi pengembangan GIS
2. Rintangan Budaya dan komunikasi
Keberagaman budaya dan komunikasi menjadi rintangan pengembangan GIS
3. Problem teknologi
Perbedaan perkembangan teknologi menjadi tantangan pengembangan GIS
4. Kekurangan dukungan dari manager anak perusahaan
Manager anak perusahaan cenderung untuk menjalankan usahanya sendiri tanpa harus mendapat bantuan dari manajer induk perusahaan, sehingga hal ini bisa menghambat GIS (global Information system)
Manajemen Pengetahuan

1. Dimensi informasi
• Relevansi
• Akurasi
• Ketepatan waktu
• Kelengkapan

2. Sifat manajemen pengetahuan yang berubah-ubah

Written by bandoro

1 December 2010 at 3:29 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: