bandoro's home

to infinity and beyond

Kas kecil (petty cash)

with one comment



F0kuz pada titik tertentu.. Kalimat yang saya dapatkan untuk menjalani satu hari penuh. Pengen cerita tentang petty cash/kas kecil. Dulu waktu ada perkuliahan desain sistem, saya dan teman2 satu kel0mpok,diberikan tugas untuk mengevaluasi sistem sebuah perusahaan dikota solo. Setelah mengalami berbagai perundingan akhirnya muncul ide untuk mengangkat karya tulis teman waktu diploma. Tentang kas kecil di perusahaan gula..
Ada satu pertanyaan yang membuat saya berfikir, seberapa besar sebuah perusahaan menetapkan dana kas kecil itu.. Perusahaan yang kami teliti menetapkan 20juta sebagai dana kas kecil. Teman-teman sekelas, bahkan d0sen sayapun berfikir penetapan uang 20juta itu sangat besar. Satu pertanyaan yg terbersit, apakah pabrik gula yg sudah sekian tahun ber0perasi itu melakukan kecurangan.. Kembali ke k0nsep awal tentang kas kecil. Pembentukan dana kas kecil berawal dari adanya transaksi-transaksi sebuah perusahaan yang tidak menggunakan cek/bilyet didalam pr0ses transaksinya. Knapa? Karena mungkin terlalu ribet kalau harus menerbitkan cek/bilyet,padahal kebutuhan sangat mendesak. Untuk itu dibutuhkan adanya dana kas kecil (petty cash). Dana kas kecil digunakan perusahaan untuk pengeluaran-pengeluaran perusahaan yang sifatnya mendesak. Terus,bagaimana mekanisme pembentukan dana kas kecil ini? Mungkin begini, bagian keuangan memutuskan untuk membentuk dana kas kecil bagi kasir. Nah, didalam pembentukan ini, perusahaan memiliki wewenang seberapa besar kas kecil itu dibentuk. Kasir menerima dana kas kecil. Pembukuan pembentukan dana ini adalah debet=kas kecil,kredit=kas.

Nah,pada umumnya ada 2 jenis sistem yg digunakan.
Imprest & fluktuatif. Imprest tu intinya gini, pada waktu pembentukan jurnalnya sama dengan yang diatas. Teruz waktu ada transaksi, imprest tidak mencatatnya. Hanya pada akhir bulan,dicatat pengeluaran2 dengan kas kecil ini. Biaya pada kas. Nah,kalau pembentukan y sama dengan atas. Teruz yang fluktuatif?intine setiap ada transaksi yang masuk tu dijurnal. Dah,cuma tu perbedaannya. Setiap akhir bulan/minggu,kasir set0r catatan/bukti ke bag.keuangan&mengadakan pengisian kembali kas. Begit0.. Huft.d0w0 bgt. He5. Teruz,pertanyaan tadi?pertanyaan temenku?hmm,yaya,saya kira sudah jelas,bahwa kas kecil bukan masalah besar kecilnya,tetapi masalah seberapa besar biaya 0perasi0nal yang dibutuhkan perusahaan.

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. tulisan ini berdasarkan obrolan dengan rekan kerja selama kuliah. ardela, tia, ira, vido, dll. wkwk. thanks y teman-teman

    bandoro

    7 June 2010 at 1:09 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: