bandoro's home

to infinity and beyond

Pusat Investasi

leave a comment »


PUSAT INVESTASI
Konsep Pusat Investasi
Pusat investasi adalah pusat pertanggungjawaban yang hasil kerjanya diukur berdasarkan laba dan jumlah investasinya. Pusat laba sebenarnya juga termasuk pusat investasi.
Tingkat Kembalian Investasi
Return On Statement merupakan metode yang paling banyak dipakai untuk menilai prestasi pusat investasi. ROI adalah perbandingan antara laba dengan jumlah investasi. ROI dapat menimbulkan masalah yaitu menimbulkan rasa tidak adil pada sesama pusat investasi. Semakin tua umur sebuah pusat investasi umur aktivanya kemungkinan juga semakin tua, makin tinggi pula ROInya sehingga pusat investasi yang tua mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mencapai prestasi yang lebih bagus.
Laba Residual
Laba residual adalah laba sebelum pajak setelah dikurangi dengan biaya modal.konsep laba ini digunakan untuk mengatasi kelemahan konsep ROI. Kelemahan konsep laba residual adalah penentuan biaya modal yang sukar.
Biaya Modal
Biaya modal adalah biaya penggunaan modal (biaya penggunaan dana). Pemnghitungan biaya modal dapat dilakukan dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan rerata (pendekatan historis) dan marjinal
Biaya Utang
Biaya utang adalah bunga dan biaya-biaya lain yang timbul berkaitan dengan peminjaman uang. Biaya tersebut tidak identik dengan tingkat bunga dan biaya lain yang tertulis dalam perjanjian.
Biaya Saham
Terdapat dua macam saham yaitu saham preferen dan saham biasa. Saham preferen adalah saham yang diistimewakan haknya dalam pembagian laba, likuidasi, hak suara dan sebagainya.
rumus:
ket: D = deviden preferen dan K = kurs emisi saham
Untuk perusahaan go public biaya saham biasa secara teoritis dapat dihitung dengan menggunakan konsep capital asset pricing model akan tetapi karena model tersebut sukar diterapkan maka digunakan market model .
Rj = i + (Rm – i)βj
Rj = kembalian saham j.
i = tingkat bunga tanpa resiko
Rm = kembalian portofolio pasar- saham yang beredar dibursa yang sama dengan bursa saham j
βj= beta saham- risiko saham dalam hubungannya dengan risiko portofolio pasar.
Risiko saham (βj) adalah tingkat veriabilitas kembalian saham dalam hubungannya dengan kembalian portofolio pasar. Kembalian saham dapat dihitung dengan menggunakan rumus.

Rj = kembalian saham j
Pn = harga saham pada tanggal n
Pn-1 = harga saham pada jtanggal n-1
D = deviden yang diterima dari saham

Proksi tingkat bunga tanpa risiko (i) adalah rerata bunga deposito pada bank pemerintah- dipilih tingkat bunga deposito yang sesuai dengan jangka waktu penghitungan kembalian saham.
Cara lain untuk menghitung biaya saham adalah dengan mengkapitalisasi deviden.

Keterangan
P0 = harga saham sekarang
D = deviden
k = tingkat diskonto, yang dalam hal ini sama dengan biaya modal

kalau jumlah deviden selalu bertambah besar dan pertambahan tersebut dinyatakan senagai g, maka rumus diatas dapat diubah menjadi:

Sewa Guna Usaha (Lease)
Sewa guna usaha adalah sebuah perjanjian antara dua fihak, yaitu yang menyewakan lessor dan penyewa lessee, obyek perjanjian adalah benda bergerak dan benda tidak bergerak., kalau pada perjanjian, obyek perjanjian menjadi milik penyewa maka disebut sewa guna usaha kapital (capital lease). Kalau pada akhir perjanjian, obyek perjanjian tidak menjadi milik penyewa maka disebut sewa guna usah opersional (operating lease).
Membeli Atau Menyewa Guna Usaha
Dalam metode utang atau beli , dalam hal lessee membeli, lessee dianggap terlebih dahulu meminjam uang dari bank dan kemudian menggunakan hasil pinjaman untuk membeli aktiva.
Dapat dihitung dengan rumus:

Dalam hal sewa guna usaha dapat dihitung dengan rumus

Written by bandoro

7 April 2010 at 10:51 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: