bandoro's home

to infinity and beyond

AKUNTANSI UNIVERSITAS

with 2 comments


Dalam pengaturannya, universitas dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

1. Universitas yang dikelola pihak swasta (private University). Dalam hal ini plaksanaan akuntansinya dilaksanakan berdasar standar  akuntansi yang dikemabngkan oleh FASB tentang laporan keuangan untuk organisasi nirlaba
2. Universitas yang dikelola pihak pemerintah (public university). Dalam hal ini pelaksanaan akuntansinya dilaksanakan berdasar standar akuntansi yang dikembangkan oleh GASB khususnya dalam pernyataan no 15 tentang model pelaporan keuangan untuk universitas.

Struktur Dana untuk universitas terdiri atas:
1. Dana lancar
Dana yang didirikan oleh universitas untuk mengelola kekayaan atau sumber daya yang akan digunakan dalam rangka membiayai kegiatan operasional sehari-hari. Dana lancar dibagi menjadi dua:

  • Dana yang penggunaanya tidak ada batasan (unrestricted current fund)
  • Dana yang penggunaanya terbatas pada tujuan tertentu (restricted fund)

2. Dana pinjaman
Dana yang didirikan untuk mengumpulkan dana-dana yang akan digunakan untuk memberikan pinjaman baik kepada pegawai universitas maupun pihak-pihaklain yang terkait dengan universitas

3. Dana abadi
Dana yang dikumpulkan dan kemudian dikelola oleh universitas tidak untuk penggunaan jangka pendek. Dana ini diabadikan kemudian dikelola dalam bentuk investasi yang hasilnya dimanfaatkan untuk pengunaan jangka pendek

4. Dana anuitas dan pensiun
Semacam dana pensiun yang dikelola oleh universitas

5. Dana pembangunan
Dana yang dikumpulkan dengan tujuan penggunaan berupa pembangunan gedung dan aktiva tetap lainnya.

Ada tiga laporan keuangan yang harus dibuat oleh suatu universitas
a. Laporan pendapatan, blanja, dan beban lainnya
b. Laporan perubahan saldo dana
c. Neraca kombinasi

Dana Lancar Tidak Terikat (Unrestricted Current Fund)
Dana lancar tidak terikat mencatat dana yang dapat dibelanjakan untuk menjalankan aktivitas utama dari universitas dan penggunaannya tidak dibatasi untuk tujuan tertentu. Dasar akuntansi untuk dana lancar tidak terikat adalah dasar accrual, seperti yang digunakan untuk entitas komersial. Namun, sebagai ganti laba bersih, selisih antara pendapatan dan belanja, dicatat sebagai perubahan bersih atas saldo dana

Pendapatan Dan Belanja
Sehubungan dengan pendapatan dan belanja, dalam akuntansi dana untuk universitas terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

a. Remisi uang kuliah dan piutang tak tertagih
Jumlah uang kuliah yang terkumpul berdasarkan tarif standar diakui secara penuh sebagai pendapata. Beasiswa dan remisi (potongan) uang kuliah yang diberikan universitas , temasuk piutang tak tertagih divatt sebagai belanja.

b. Pengembalian uang kuliah
Akuntansi dana untuk universitas mengharuskan [engembalian uang kulia (untuk mahasiswa yang mengundurkan diri) dicatat sebagai pengurangan pendapatan. Keetika pengembalian kepada mahasiswa tersebut disetujui, universitas mendebit pendapatan dari yang kuliah.

c. Sesi perkuliahan yang berlangsung dua periode
Akuntansi dana untuk universitas mengharuskan bahwa uang kuliah yang dipungut untuk sesi perkuliahan tersebut diakui sebagai pendapatan pada periode dimana sesi perkuliahan tersebut paling banyak diselenggarakan, bersama dengan seluruh belanja yang berhubungan dengan sesi perkuliahan tersebut. Jika uang kuliah dipungut pada periode berjalan namun sesi perkuliahan kebanyakan diselenggarakan pada periode berikutnya, maka universitas mencatat pemungutan uang kuliah sebagai debit pada kas dan kredit pada pendapatan tangguhan. Pendapatan tangguhan beserta belanja tangguhan jika ada, kemudin diakui sebagai pendapatan dan belanja yang sesungguhnya pada periode berikutnya.

Transfer dan penyisihan dana.

Transfer wajib adalah transfer dari dan lancar ke dana lainnya untuk memenuhi ketentuan dari pihak eksternal dalam suatu perjanjian. Transfer tidak wajib adalah transfer serupa namun ditentukan sendiri oleh pihak universitas untuk berbagai tujuan. Transfer tidak wajib juga dapat dilakukan dari dana lainnya ke dalam dana lancar. Transfer wajib dan tidak wajib dilaporkan secara terpisah dalam laporan keuangan yang berhubungan dengan dana lancar seupa dengan transfer antar dana dalam akuntansi pemerintahan.

Investasi

Investasi dilaporkan pada nilai wajar dalam neraca suatu institusi publi. Pendapatan investasi, termasuk perubahan dalam nilai wajar inv untuk periode berjalan, harus dilaporkan sebagai pendapatan dalam laporan operasi entitas yang sesuai.

Sumbangan
Yang perlu diperhatikan adalah pemisahan antara sumbangan yang mengikat dengan sumbangan yang tidak mengikat. Sumbangan yang mengikat yang diterima dicatat dalam dana lancar terikat dan dibelanakan sesuai dengan batasannya. Sumbangan yang tidak mengikat dicatat dalam dana lancar tidak terikat dan dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan universitas yang telah ditentukan. Beberapa pemasukan dapat berbentuk dana abadi dimana pokok dananya harus dikelola selama periode tertentu. Pemasukan ini dicatat dalam rekeining dana abadi yang terpisah.

Depresiasi
Depresiai harus dilaporkan sebagai belanja dalam dana yang menggunakan aktiva bersngkutn selama periode berjalan. Serupa dengan dana umum dalam akuntansi pemerintahan, dana lancar juga dapat mengakuisisi aktiva, namun terbatas pada ktiva lanca/jangka pendek. Jadi, tidak ada aktiva jangka panjang yang dilaporkan dalam dana lancar. Aktiva jangka panjang dilaporkan dalam dana pembangunan yang terpisah yang digunakan untuk menvatat akuisisi aktiva tetap dengan dana yang berasal baik dari dana lancar maupun dana pembangunan sendiri. Akan tetapi untuk akuisisi aktiva tetap dalam nilai yang besar tidak boleh menggunakan dan yd berasal dari dana lancar, namun harus menggunakan dana yang berasal dari dan dicatat sebagai dana pembangunan.

FORMAT AYAT JURNAL:
• Memperoleh pendapatan sumbangan beserta remisi

Kas xx

  • Piutang xx
  • Pendapatan xx

• Memperoleh pendapatan dari usaha, mempunyai piutang, piutang tak tertagih,
Kas xx

  • Piutang xx
  • Belanja-usaha tambahan xx
  • Penyisihan piutang tak tertagih xx
  • Pendapatan-usaha tambahan xx

• Remisi uang kuliah yang telah ditetapkan akhirnya diberikan kepada beberapa mahasiswa
Belanja-beasisiwa xx

  • Piutang xx

• Belanja dari unit usaha tambahan milik universitas
Belanja-usaha tambahan xx

  • Kas xx

• Mencatat transfer antar dana
Transfer wajib xx

  • Kas xx
  • tansfer tidak wajib xx
  • kas xx

• Format ayat jurnal penerimaan dana dalam dana lancar teikat adalah sebagai berikut:
Kas xx

  • Saldo dana xx

• Format ayat jurnal ketika dana tersebut dibelanjakan adalah sebagai berikut:
Belanja xx
Saldo dana xx
Kas xx
Pendapatan xx
• Pendapatan dan penambahan saldo dana lainnya
Kas xx
Saldo dana xx

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. thx gan ilmunya…hehe mampir juga ke tempat saya…

    dinastian

    15 December 2010 at 5:39 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: