bandoro's home

to infinity and beyond

Strategy dan Master Budget

leave a comment »


A. Role of budget
Budget merupakan ekspresi keuangan dan non-keuangan dari strattegy organisasi untuk periode tertentu. Anggaran dapat juga dikatakan sebagai strategi yang detail untuk akuisisi dan keuangan serta sumber daya lainnya dalam periode waktu tertentu. Anggaran dapat dijadikan sebagai motivasi untuk aktivitas ke depan dan hasil dari proses produksi, karyawan mengetahui tentang anggaran yang diperkirakan sehingga memotivasi karyawan untuk dapat bisa mencapai anggaran tersebut. Dalam proses operasi, anggaran sebagai referensi pedoman, monitor dan pengontrol operasi, serta otorisasi dari kegiatan operasi.
B. Strategy, Long Term Plans, dan Master Budget
• Importance of Strategy in Budgeting
Langkah awal untuk menentukan rencana dan anggaran perusahaan adalah dengan strategy perusahaan yang terdiri dari rencana jangka panjang dan misi perusahaan. Proses untuk menentukan strategi perusahaan diawali dengan menghubungkan faktor-faktor eksternal dan dampaknya terhadap operasi dan mengevaluasi faktor-faktor internal yang dapat menjadi kekuatan ataupun kelemahan perusahaan tersebut. Pentingnya strategi dalam perencanaan dan penganggaran tidak dapat dijelaskan terlalu mendetail. Seringkali perusahaan melihat anggaran periode selanjutnya sebagai kelanjutan dari anggaran saat ini dengan analisa terbaik untuk dihubungkan dengan strategi perusahaan tersebut.
• Formulation in Strategy
Memformula strategi dimulai dengan menganalisa faktor-faktor eksternal dan melihat kemampuan internal perusahaan. Faktor-faktor eksternal diantaranya: ekonomi, politik, regulasi, lingkungan, persaingan, dan lainnya. Menganalisa faktor-faktor internal dapat membantu perusahaan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, dan keunggulan dari para pesaingnya.

• Strategy Goals dan Long Term Objectives
Modal dan dasar anggaran merupakan ekspresi dari strategi perusahaan dan rencana jangka panjang perusahaan. Strategi memberikan gambaran dengan rencana jangka panjang akan dikembangkan. Rencana janka panjang mengidentifikasi aktivitas selama 5-10 tahun untuk strategiy goal perusahaan. Long-Term Plan dapat dijadikan sebagai capital budgeting, yaitu proses mengevaluasi, menyeleksi financial major projects.
• Short Term Objectives dan master Budget
Short-term objectives merupakan tujuan untuk periode yang akan datang yang diperkirakan oleh perusahaan untuk dapat mencapai tujuan perencanaan, ditentukan berdasarkan strategic goals, long-term objectives and plans, hasil operasi periode sebelumnya, oprasi di masa depan, dan faktor lingkungan, ekonomi, industri, dan kondisi pasar.
• Budget Guidelines
Komisi penganggaran bertanggung jawab untuk menyediakan pdoman inisial anggaran. Komisi anggaran menerbitkan pedoman penganggaran dengan pertimbangan umumnya ekonomi dan keadaan pasar, tujuan perusahaan, rencana jangka panjang, dan lainnya

C. Master Budget
Master budget adalah anggaran keseluruhan pada periode tertentu, yang berisi serangkaian hubungan antara operasi dan anggaran keuangan. Sebagian perusahaan menggunakan master budget sebagai perencanaan laba.
D. Budgeting in Service Companies, International Firms, and Non-for-Profit Organizations
• Perusahaan Jasa
Pada dasarnya sama dengan penganggaran pada perusahaan dagang dan manufaktur.
• Perusahaan Nirlaba
Pada perusahaan nirlaba tidak memiliki single bottom line seperti operating income. Tugas dari perusahaan nirlaba adalah untuk menyediakan jasa yang efektif dan efisien. Penganggaran pada perusahaan nirlaba adalah dengan estimasi total pendapatan dalam periode anggaran.
• MNC
Perusahaan multinasional memiliki keunikan dalam penganggarandikarenakan perbedaan budaya dan bahasa, lingkungan politik dan hukum, fluktuasi rata-rata pertukaran moneter, serta inflasi di berbagai negara.
E. Alternative Budgeting Approaches
• Zero Based Budgeting
Adalah proses penganggaran yang menggunakan anggaran mulai dari nol (zero).
• Activity-Based Budgeting
Adalah proses penganggaran berdasarkan aktivitas dan cost driver dalam operasi perusahaan.
• Kaizen Budgeting
Merupakan pendekatan penganggaran yang berdasarkan pada standar yang ada dan dikembangkan secara berkelanjutan. Penganggaran Kaizen menggunakan operasi yang akan datang dan biaya penggangaran periode ini.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: